Selasa, 03 Januari 2012

FINAL STEP ERIS DWI DESYANA


Nama               : Eris Dwi Desyana
nim                  : 094114095
kelas                : III A

1.      Langkah-langkah export file epidata ke spss
·         Buka epidata, Klik export data,klik SPSS, Buka data yang akan di export, klik OK
·         Buka SPSS, klik file, klik open, klik syntax, pilih data yang akan dibuka, klik open
·         Perbaiki nama variable dan buat valuelabels blok semua tulisan di syntax, klik run current
2.      Langkah-langkah dalam cleaning data
·         Untuk cleaning record yang missing:
ü  Klik analyze, klik descriptive statistics, klik frequencies,pilih variable yang akan dicleaning, klik ok, lihat jumlah data yang missing
ü  Klik data,klik sort cases,pilih variable yang sudah dilihat jumlah missingnya,klik OK
ü  Delete data yang ada tanda missingnya (.)
3.      a. Batasan yang digunakan dalam cleaning data numeric
1.      umur                            :15-45 tahun
2.      tinggi badan                 :148-170 cm
3.      berat badan                  :40-80 kg
4.      tekanan darah systole   :100-170 mmHg
5.      tekanan darah diastole  :60-120 mmHg
6.      kadar Hb                     :8-14 gr%
b. jumlah data sebelum di cleaning     : 15896
c. jumlah data setelah di cleaning       : 13981

4.      output analisis univariate salah satu variable kategorik
Komentar hasil:
·         rata-rata Umur Ibu (tahun)                            : 27.88
·         rata-rata Tinggi Badan (cm)                          : 158.096
·         rata-rata Berat Badan  (kg)                           : 54.611
·         rata-rata TD Sistolik                          : 116.12
·         rata-rata TD Diastolik                       : 80.45
·         rata-rata Kadar HB (mmHg)                         : 11.230
·         rata-rata Frek. Pemeriksaan Kehamilan        : 6.27

8. langkah-langkah analisis bivariate
1. Untuk mengetahui hubungan antara pendidikan dengan pekerjaan
1.      Identifikasi variabel dalam tujuan penelitian
·         Independen : Pendidikan
·         Dependen : Pekerjaan
2.      Identifikasi field dalam database
·         Independen : didik
·         Dependen : kerja
3.      Tentukan karakteristik field (K/N)
·         didik : K
·         kerja : K
4.      Tentukan analisis sementara : Uji Beda Proporsi
5.      Apabila terdapat variabel numerik -> lakukan uji normality : tidak ada
6.      Rumuskan hipotesis pengujian pada CI 95% , uji, baca hasil, dan interpretasikan hasil (Ho Pengujian) :
·         Ho : Tidak ada perbedaan proporsi antara  pendidikan dengan pekerjaan
7.      Bahas Hasil :
·         P = 0,000
·         Ho = Ditolak
·         Ada perbedaan proporsi antara pendidikan dengan pekerjaan, BERARTI ada hubungan pendidikan dengan pekerjaan.

2. Untuk mengetahui hubungan antara umur dengan kadar Hb
1.      Identifikasi variabel dalam tujuan penelitian
·         Independen : Umur
·         Dependen : Kadar Hb
2.      Identifikasi field dalam database
·         Independen : umur
·         Dependen : hb
3.      Tentukan karakteristik field (K/N)
·         umur : N
·         hb : N
4.      Tentukan analisis sementara : Uji Korelasi Regresi
5.      Apabila terdapat variabel numerik -> lakukan uji normality : ada, NORMAL
6.      Rumuskan hipotesis pengujian pada CI 95% , uji, baca hasil, dan interpretasikan hasil (Ho Pengujian) :
·         Ho : Tidak ada perbedaan Korelasi Regresi antara  umur dengan kadar hb
7.      Bahas Hasil :
ü  P = 0,002
ü  Ho = Ditolak
ü  ada perbedaan Korelasi Regresi antara  umur dengan kadar hb, BERARTI ada hubungan umur dengan kadar hb.

3. Untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan dengan kontrasepsi yang dipilih dalam ber-KB
1.      Identifikasi variabel dalam tujuan penelitian
·         Independen : Tingkat Pendidikan
·         Dependen : kontrasepsi yang dipilih
2.      Identifikasi field dalam database
·         Independen : didik
·         Dependen : ksepsi
3.      Tentukan karakteristik field (K/N)
·         didik : K
·         ksepsi : K
4.      Tentukan analisis sementara : Uji Beda Proporsi
5.      Apabila terdapat variabel numerik -> lakukan uji normality : tidak ada
6.      Rumuskan hipotesis pengujian pada CI 95% , uji, baca hasil, dan interpretasikan hasil (Ho Pengujian) :
·         Ho : Tidak ada perbedaan proporsi antara tingkat pendidikan dengan kontrasepsi yang dipilih dalam ber-KB
7.      Bahas Hasil :
·         P = 0,000
·         Ho = Ditolak
·         Ada perbedaan proporsi antara antara tingkat pendidikan dengan kontrasepsi yang dipilih dalam ber-KB, BERARTI ada hubungan tingkat pendidikan dengan kontrasepsi yang dipilih dalam ber-KB

4. Untuk mengetahui hubungan antara pernah atau tidak dapat tablet Fe dengan kadar Hb dalam darah ibu hamil
1. Identifikasi variabel dalam tujuan penelitian
·         Independen : Pernah atau tidak mendapat tablet Fe
·         Dependen : Kadar Hb
2. Identifikasi field dalam database
·         Independen : tfe
·         Dependen : hb
3. Tentukan karakteristik field (K/N)
·         tfe : K
·         hb : N
4. Tentukan analisis sementara : Uji Beda Rata-Rata
5. Apabila terdapat variabel numerik -> lakukan uji normality : ada, NORMAL
6. Rumuskan hipotesis pengujian pada CI 95% , uji, baca hasil, dan interpretasikan hasil (Ho Pengujian) :
·         Ho : Tidak ada perbedaan rata-rata antara  pernah atau tidak dapat tablet Fe dengan kadar Hb dalam darah ibu hamil
7. Bahas Hasil :
·         P = 0,000
·         Ho = Ditolak
·         Ada perbedaan rata-rata antara pernah atau tidak dapat tablet Fe dengan kadar Hb dalam darah ibu hamil, BERARTI ada hubungan pernah atau tidak dapat tablet Fe dengan kadar Hb dalam darah ibu hamil.


5. Untuk hubungan antara tekanan darah (sistolik/diastolik) dengan golongan darah
A. Sistolik
1. Identifikasi variabel dalam tujuan penelitian
·         Independen : Tekanan Darah Sistolik
·         Dependen : Golongan Darah
2. Identifikasi field dalam database
·         Independen :sistol2
·         Dependen : darah1
3. Tentukan karakteristik field (K/N)
·         Sistol1 : N
·         darah1 : K
4. Tentukan analisis sementara : Uji Beda Rata-Rata
5. Apabila terdapat variabel numerik -> lakukan uji normality : ada, NORMAL
6. Rumuskan hipotesis pengujian pada CI 95% , uji, baca hasil, dan interpretasikan hasil (Ho Pengujian) :
·         Ho : Tidak ada perbedaan rata-rata antara  tekanan darah sistolik dengan golongan darah
7. Bahas Hasil :
·         P = 0,726
·         Ho = Diterima
·         Tidak ada perbedaan rata-rata antara  tekanan darah sistolik dengan golongan darah, BERARTI ada hubungan antara  tekanan darah sistolik dengan golongan darah
B. Diastolik
1. Identifikasi variabel dalam tujuan penelitian
·         Independen : Tekanan Darah Diastolik
·         Dependen : Golongan Darah
2. Identifikasi field dalam database
·         Independen : diastol1
·         Dependen : darah1
3. Tentukan karakteristik field (K/N)
·         diastol2 : N
·         darah1 : K
4. Tentukan analisis sementara : Uji Beda Rata-Rata
5. Apabila terdapat variabel numerik -> lakukan uji normality : ada, NORMAL
6. Rumuskan hipotesis pengujian pada CI 95% , uji, baca hasil, dan interpretasikan hasil (Ho Pengujian) :
·         Ho : Tidak ada perbedaan rata-rata antara  tekanan darah diastolik dengan golongan darah
7. Bahas Hasil :
·         P = 0,000
·         Ho = Ditolak
·         Ada perbedaan rata-rata antara tekanan darah diastolik dengan golongan darah, BERARTI ada hubungan tekanan darah diastolik dengan golongan darah.

untuk lebih lengkapnya, silahkan KLIK link berikut..http://www.ziddu.com/download/18065191/erisdwidesyana3a.rar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar